Agus Wirawan Eko Saputro, SH.,MH

 Hubungi kami!

PELAKSANAAN IVA TEST DAN SADANIS / MAMMOGRAFI OLEH IAD DAERAH GIANYAR

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Gianyar, pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2017 melaksanakan kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) dan Pemeriksaan Payudara Secara Klinis (Sadanis) / Mammografi bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Gianyar. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Bali beserta Ibu Ketua IAD Wilayah Bali, Ibu Wakil Ketua IAD Wilayah Bali, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala Kejaksaan Negeri beserta Ibu Ketua IAD daerah se-Bali dan Cabang di Nusa Penida, selain itu dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar hadir Bupati Gianyar, Ketua DPRD Kabupten Gianyar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, BPJS Kesehatan, Direktur Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar dan beberap sponsor.

            Ketua IAD Daerah Gianyar selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan sosial ini merupakan wujud kepedulian dan kepekaan IAD yang melihat banyaknya kasus kanker serviks dan kanker payudara yang menyerang wanita Indonesia. Di Kabupaten Gianyar juga terdapat pasien terkena kanker serviks dan payudara, untuk itulah IAD Daerah Gianyar selaku kepanjangan tangan dari IAD Pusat dan IAD Wilayah Bali melaksanakan kegiatan bhakti sosial tersebut dengan tujuan membantu masyarakat khususnya wanita dewasa di Kabupaten Gianyar untuk mendeteksi secara dini dan pencegahan kemungkinan terjadinya kanker serviks dan payudara.

            Kepala Kejaksaan Negeri Gianyar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan IVA Test dan Sadanis merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara nasional yang diprakasai oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, guna membangkitkan kepedulian dan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya wanita usia produktif dalam pencegahan penyakit kanker serviks dan payudara.

            Ketua IAD Wilayah Bali dalam sambutannya menambahkan bahwa kanker serviks disebabkan oleh virus bernama human papiloma. Kanker ini menyerang leher rahim pada wanita yang menyebabkan pendarahan dan inveksi papiloma. Pada tahap penginveksian inilah yang tidak disadari masyarakat karena berlangsung tanpa gejala.

            Sementara itu Bupati Gianyar menyambut baik pelaksanaan kegiatan IVA Test dan Sadanis yang dilaksanakan oleh IAD Daerah Gianyar yang telah menyasar masyarakat khususnya para wanita usia subur yang ada di kabupaten gianyar sehingga dapat membantu dan memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai pencegahan penyakit kanker serviks dan payudara yang pada ahirnya dapat mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker serviks dan payudara.

            Dalam acara tersebut juga dilakukan dialog interaktif dengan materi mengenal dan mencegah penyakit tidak menular khususnya kanker serviks dan payudara yang disampaikan oleh narasumber dr. Pande Nengah Geriawan, Sp.Og (K) dan penyampaian materi tentang perilaku korupsi bagi ibu-ibu rumah tangga yang disampaikan oleh ibu Lilis Ernayanti, SH.MH Jaksa pada Kejaksaan Negeri Gianyar.

Hasil Pemeriksaan dari 707 orang Peserta, 685 mengikuti Iva Test, 286 mengikuti Sadanis dan 5 orang peserta mengikuti Tindakan Keluarga Berencana, dengan hasil 30 orang IVA Test Positif ( ), 20 orang Test Mammografi dengan 2 orang ada keluhan dan 2 orang curiga Kanker Serviks yang sudah dirujuk ke Rumah Sakit / Puskesmas terdekat dengan membawa Kartu Rujukan agar bisa ditangani dengan cepat.