kejari

KEGIATAN PLEBON ANAK AGUNG NIYANG AGUNG

Pada hari Jumat tanggal 2 Maret 2018 bertempat di Puri Agung Ubud dilaksanakan acara Plebon Anak Agung Niyang Agung. Hadir sebagai undangan VVIP antara lain Megawati Soekarno Putri, Menteri Koperasi & UMKM AA Gde Ngurah Puspayoga, Menteri Kelautan Susi Pujiastuti, Mendagri Tjahjo Kumolo, Jaksa Agung HM. Prasetyo, Kasum TNI Laksamana Madya TNI Dr Didit Herdiawan Ashaf MPA MBA, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Penjabat Bupati Gianyar Ketut Rochineng.

Para tamu VVIP tersebut disambut langsung Panglingsir Puri Agung Ubud Tjokorda Gde Putra Sukawati alias Cok Putra, bersama adiknya: Cok Ace dan Tjokorda Gde Raka Sukawati alias Cok De, serta sameton puri lainnya.

Bahwa pengarakan Bade Palebon dan Lembu Cemeng dimulai sekitar pukul 12.00 Wita, dari jaba Puri Agung Ubud menuju Setra Dalem Puri di Desa Peliatan, yang berjarak sekitar 800 meter ke arah timur yang disaksikan belasan ribu orang baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Sebelum prosesi pengarakan, Cok De selaku arsitek Bade dengan didampingi kakaknya, Cok Ace, sempat menerima penghargaan berupa sertifikat dari Muri (Museum Rekor Indonesia) untuk Bade Tertinggi dengan tinggi 27,90 meter yang merupakan Bade tertinggi di Bali bahkan se-Indonesia yang terdiri dari 9 tingkat dengan berat 9 ton. Sedangkan Lembu Cemeng dengan panjang 3,5 meter, lebar 1 meter, dengan berat mencapai sekitar 2 ton. Pengarakan Bade dan Lembu Cemeng ini melibatkan 2.500 penyunggi (pengarak) dari 14 banjar.

Bahwa prosesi Palebon Agung diakhiri dengan ritual ngeseng (pembakaran) layon almarhum di Lembu Cemeng, lanjut pembakaran bade. Prosesi diakhiri dengan nganyut abu jenazah ke Pantai Matahari Terbit Sanur, Denpasar Selatan. “Kami menyampaikan terimakasih banyak kepada prajuru adat, para undangan, dan masyarakat yang telah ikut menyukseskan karya palebon ini,” jelas Cok Ace.

Kepala Kejaksaan Negeri Gianyar

Agenda Sidang
  • Sidang Pidana Umum Tanggal:2019-07-01 11:00:00 Agenda:RIKSA SAKSI Terdakwa:IDA BAGUS MANTRA MANUABA di PN GIANYAR
  • Sidang Pidana Umum Tanggal:2019-07-02 10:00:00 Agenda:DAKWAAN Terdakwa:I WAYAN BUDIANTARA ALS BUDUH di PN GIANYAR

Silakan sampaikan informasi atau pengaduan anda

Formulir Pengaduan
Syarat:
**) Informasi/pengaduan harus didukung dengan data dan fakta, tidak bermuatan fitnah, dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, kerahasiaan anda akan kami lindungi.

Menurut anda, bagaimanakah pelayanan Kejaksaan Negeri Gianyar ?

  • Sangat Baik
  • Baik
  • Cukup Baik
  • Tidak Terlalu Baik
  • Buruk